Jumat, 25 September 2009

Polmas Harus Terjun Ke Masyarakat

Jejakbulikts - Jakarta
Menyikapi Polisi Masyarakat (Polmas) di wilayahnya menjadi juara II Polmas Terbaik di tingkat DKI Jakarta. Menurut H. Fadhil Badli, Bsc, Ac, Ketua RW 04 Kelurahan Kemanggisan mengatakan hal itu sudah wajar kalau dilihat dari Aiptu Bakhrun,SH (akrab disapa Pak Bakhrun) karena beliau dalam hubungan antar warga, RT, RW baik sekali. “Saya rasa itu hal yang sangat wajar dan meraih prestasi juara II di tingkat DKI Jakarta bukan dibuat-buat,” ucapnya ketika dijumpai di Kemanggisan, Rabu (2/9) Sore.
Masih kata, dia, dalam kesehariannya beliau sangat dekat sekali dengan saya dan tahu siapa Aiptu Bakhrun,SH. Bukan sebagai Polmas saja melainkan juga sebagai pengurus RT/RW. “Beliau sudah seperti keluarga, kadang-kadang kalau malam secara bersama-sama keluar mengontrol lingkungan dan sangat kental sifat kekeluargaannya.”tambahnya.
Disamping itu pembinaan ke warga tak segan-segan atau bermalas ria, selalu mendampingi saya baik kerja bakti, di masjid beliau sangat aktif. Dalam hal ibadah baik sekali dan bisa diandalkan sebagai sekertaris umum Masjid untuk mengisi kekosongan dan mampu membantu dakwah, figurnya sangat baik dan cocok menjadi Polmas.
H.Fadhil menambahkan dalam penanganan suatu kasus biasanya kita musyawarahkan dan berembug secara kekeluargaan. Untuk membawa permasalahan itu ke pihak kepolisian itu tidak gampang, kita selalu menyelesaikannya secara kekeluargaan. “Jadi kalau tidak bisa baru ke Polsek tapi sejauh ini tak ada masalah. Itu karena hubungan dengan warga baik-baik saja dan Polmas cukup peduli dengan masalah di wilayah,” ujarnya.
Dia menghimbau Polmas jangan hanya melihat dari jauh terutama dijalin-lah hubungan kepada tokoh masyarakat yang ada di lingkungan. Kalau tidak begitu kita susah, bagaimana kita tahu dengan tokoh masyarakat yang mengetahuinya. Saran saya kalau mau jadi Polmas yang baik harus terjun ke masyarakat bergabunglah dengan warga yang ditokohkan seperti Pak Bakhrun yang telah meraih prestasi juara II Polmas terbaik di tingkat DKI Jakarta.

2 komentar:

  1. Saya sih setuju aja apa kata pak RW...habis ya memang demikian kenyataannya...Bravo pak Bahrun SH

    BalasHapus
  2. ini adalah hasil kerjasama antara pengurus RW dengan Polmas. Bukan hanya merupakan polesan belaka, tetapi memang itulah yang kita lakukan. Tanpa penilaianpun kami tetap eksis seperti itu. Makanya....... tidak ada kemampuan apa-apa, kecuali saling membantu, kerjasama, menunjang program yang menjadi tujuan dalam membenahi kampung berikut warganya. Makasih Mas.....

    BalasHapus

Untuk memberi Komentar, pada kolom BERI KOMENTAR SEBAGAI, pilih NAME/URL, kemudian tulis nama anda dan untuk kolom URL, silahkan kosongkan